Aceh Tamiang (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, H Hamdan Sati menyatakan, pembangunan jalan tembus di Kecamatan Manyad Payed dapat memperlancar arus keluar komoditi andalan dan memperkuat sistem perekonomian masyarakat di pedesaan.

"Hari ini masyarakat di tiga desa sudah dapat menikmati fasilitas jalan beraspal.  Insya Allah sudah tidak ada lagi debu seperti sebelumnya," katanya kepada wartawa usai peresmian jalan tembus tiga desa di Kecamatan Manyad Payed, Jumat.

Namun, lanjut dia, yang terpenting, jalan ini dibangun untuk membuka keterisolasian dan dapat menggeliatkan roda perekonomian masyarakat desa.

Proyek jalan sepanjang 6 Km senilai Rp14,6 miliar yang menghubungkan tiga desa, yakni Desa Pahlawan, Kaseh Sayang menuju Desa Mesjid itu  menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2016. Proyek itu sudah digagas sejak tahun 2014 dan baru tahun 2016 dapat terealisasikan secara optimal.

Bupati Hamdan menyatakan, jalan yang dibangun tersebut merupakan bentuk keperdulian Pemerintah Daerah setempat dalam menyejahterakan tarap hidup masyarakat di daerah persisir barat Aceh Tamiang.

"Saya berjanji, untuk tahun 2017, sejumlah jalan dan jembatan di wilayah pesisir lainnya harus dibangun. Semoga saya masih diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin daerah Aceh Tamiang ini. Mohon doa restu seluruh masyarakat untuk saya ikut kembali pada Pilkada 2017," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sejumlah program sudah dilaksanakan di tahun 2016, yakni jalan sekitar 65 persen, jembatan 90 persen pada program 2017, pihaknya telah mengajukan untuk membangun bendungan irigasi yang akan dibangun di daerah Kecamatan Sekerak, dan irigasinya akan dibangun disepanjang jalan rel kereta api.

Pewarta: Syawaluddin

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016