Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib menyatakan, potensi di daerahnya sangat menjanjikan jika mampu digali dan dimanfaatkan secara maksimal dengan didukung oleh sumber daya manusia dan modal usaha.

Ia di Lhokseumawe, Minggu mengatakan, sebagian besar wilayah pesisir Aceh Utara adalah kawasan perairan dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Di sejumlah kawasan tersebut pula, selain memiliki pantai juga memiliki areal pertambakan, dengan budidaya udang ataupun ikan.  
    
Namun, kata Bupati bahwa berbagai potensi tersebut belum tergarap secara maksimal, baik untuk potensi ikan tangkap maupun  budidaya berbagai komoditi hasil pertambakan.

"Kemampuan masyarakat di bidang SDM masih minim untuk mampu mengolah berbagai potensi tersebut. Begitu juga dengan kemampuan finansial juga masih sangat terbatas untuk menggali potensi dimaksud," ungkap Muhammad Thaib.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan masyarakat wilayah pesisir untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki, meskipun dengan anggaran yang sangat terbatas, melalui berbagai program pembinaan.

Upaya peningkatan produktivitas dapat dilakukan melalui pembinaan usaha budidaya dan juga pengetahuan tentang pengolahan hasil dari berbagai produk perikanan.  
    
"Upaya peningkatan produktivitas masyarakat pesisir di Aceh Utara terus kita usahakan, baik melalui pembinaan maupun pengolahan berbagai produk hasil perikanan sehingga lebih bernilai guna dan memiliki prospek ekonomis. Sebagai salah satu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir di Aceh Utara," terang Bupati Aceh Utara.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016