Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten di pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin di Aceh Selatan, Jumat, mengatakan pihaknya terus membangun infrastruktur pendukung sejumlah destinasi pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

"Pemerintah kabupaten terus berupaya mengembangkan berbagai destinasi pariwisata di Aceh Selatan. Sebab, pariwisata kini menjadi andalan untuk meningkatkan pendapatan daerah," kata Muchsin.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya kembangkan lima destinasi wisata untuk dongkrak PAD 2023

Muchsin mengatakan Kabupaten Aceh Selatan berada di pesisir barat selatan Provinsi Aceh. Kabupaten penghasil pala tersebut memiliki keindahan alam. Keindahan alam tersebut menjadi magnet bagi wisatawan berkunjung ke Kabupaten Aceh Selatan.

Bentangan pantai di sepanjang daerah serta hamparan luas Samudra Hindia menjadi nilai jual bagi wisatawan. Potensi inilah yang kami kembangkan untuk mendatangkan pemasukan bagi daerah," kata Muchsin.

Muchsin mengatakan destinasi pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan terus berbenah sejak beberapa tahun terakhir. Di antaranya objek wisata Pulau Dua, Tapak Tuan Tapa, Tingkat Tujuh Batu Itam, pemandian Putri Naga, Pantai Lhokrukam, Pantai Air Dingin, dan lainnya.

Selama ini, kata Muchsin, destinasi-destinasi pariwisata tersebut ramai dikunjungi, tidak hanya wisata lokal, tetapi juga dari kabupaten kota lainnya di Aceh. Bahkan juga dari sejumlah provinsi di Pulau Sumatra.

"Selama ini, destinasi pariwisata tersebut mampu menggeliat perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah. Karena itu, kami akan lebih mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut untuk meningkatkan pendapatan daerah," kata Muchsin.

Selain destinasi pariwisata, kata Muchin, Kabupaten Aceh Selatan juga memiliki beragam budaya yang mendukung sektor pariwisata. Budaya tersebut termasuk keramahtamahan masyarakat terhadap wisatawan, sehingga menimbulkan rasa betah dan berlama-lama di daerah penghasil pala tersebut.

"Kami yakin dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada, Kabupaten Aceh Selatan bisa menjadi daerah tujuan wisatawan di Provinsi Aceh. Tidak hanya dikunjungi wisata nusantara, tetapi juga mancanegara," kata Muchsin.

Baca juga: 1.856 wisatawan asing kunjungi Aceh pada Desember 2022 berkat kelonggaran dari pemerintah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023