Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora), akan mengembangkan lima destinasi wisata alam untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) pada 2023.

"Pengembangan lima destinasi wisata di Nagan Raya ini sebagai upaya mendongkrak pendapatan asli daerah," kata Kepala Disparpora Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Fariky, di Nagan Raya, Kamis.

Adapun kelima destinasi wisata yang saat ini digencarkan promosi wisatanya adalah Danau Laut Tadu di Kecamatan Tadu Raya serta Irigasi Jeuram dan wisata alam Krueng Isep di Kecamatan Beutong.

Baca juga: 1.856 wisatawan asing kunjungi Aceh pada Desember 2022 berkat kelonggaran dari pemerintah

Kemudian, wisata Pantai Naga Permai di Kecamatan Kuala Pesisir serta Pantai Wisata Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Fariky menjelaskan untuk tahun ini secara perdana, pihaknya berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari lima sektor tersebut sebesar Rp1 miliar.

Menurutnya, rendahnya target PAD dari lima sektor wisata tersebut karena saat ini pihaknya masih berupaya mengusulkan produk hukum terkait rencana induk pembangunan pariwisata kabupaten dan kemudian mengusulkan qanun terkait PAD.

Pihaknya juga berharap dengan adanya promosi wisata tersebut, dapat meningkatkan jumlah UMKM sekaligus penambahan lapangan kerja baru bagi masyarakat di daerah itu.

"Semoga dengan adanya pengembangan lima wisata baru ini, dapat semakin menggairahkan wisata di Nagan Raya, termasuk mengembangkan ekonomi masyarakat," kata Fariky.

Baca juga: Disbudpar: Pemda Aceh dukung pembangunan pariwisata berkelanjutan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023