Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintahan di provinsi itu untuk mengambil langkah aksi kemanusiaan terhadap musibah gempa yang dialami Turki dan Suriah.

"Berdasarkan instruksi Pj Gubernur Aceh, seluruh jajaran Pemerintah Aceh diminta untuk mengambil langkah penggalangan bantuan untuk Turki dan Suriah," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, di Banda Aceh, Selasa.

Muhammad MTA mengatakan Pj Gubernur juga meminta jajarannya berkoordinasi dengan Forkopimda Aceh dan para bupati/wali kota se Aceh untuk memasifkan aksi kemanusiaan tersebut.

"Untuk mekanisme penggalangan bantuan atau donasi tersebut akan segera dibahas, sehingga nantinya disampaikan kepada masyarakat Aceh secara luas agar bisa ikut berpartisipasi," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, lanjut Muhammad MTA, Pemerintah Aceh juga menyampaikan duka cita mendalam kepada seluruh korban dalam musibah gempa dahsyat di Turki dan Suriah.

"Duka cita terdalam saya dan seluruh masyarakat Aceh, untuk seluruh korban gempa di wilayah tenggara Turki dan Utara Suriah. Segenap pikiran dan doa kami bersama untuk seluruh korban dan keluarganya," katanya.

Muhammad MTA mengatakan rasa duka mendalam ikut dirasakan karena Aceh memiliki hubungan erat dengan Turki. Apalagi negara tersebut banyak membantu Aceh saat musibah tsunami 2004.

"Turki menjadi di antara negara yang banyak membantu Aceh dari masa darurat hingga masa rekonstruksi pascagempa dan tsunami 2004," ujarnya.

Muhammad MTA menambahkan sejauh ini belum diketahui berapa jumlah masyarakat Aceh yang menjadi korban gempa Turki tersebut karena masih dalam pendataan.

"Saat ini sedang dikomunikasikan dengan pihak pusat. Kalau ada informasi terbaru akan segera kami sampaikan," demikian Muhammad MTA.

Dua gempa besar mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2). Dua gempa tersebut dengan magnitudo 7,7 dan 7,6 skala richter. Sedikitnya, 3.381 orang meninggal dunia dan 20.426 lainnya terluka di 10 provinsi di Turki.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023