Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bertekad menghadirkan pasar Induk Lambaro khususnya sebagai pasar yang bersih, indah dan nyaman.

“Kami mengajak seluruh pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan ketertiban pasar,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto di Lambaro, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memimpin langsung aksi bersih – bersih melalui kegiatan satu jam memungut sampah di Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya

Ia menjelaskan apabila pasar bersih dan tertib, maka akan semakin banyak masyarakat yang datang berbelanja ke pasar induk tersebut.

“Insya Allah masyarakat kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar akan semakin ramai mengunjungi pasar Lambaro dan akan ikut mempengaruhi  denyut ekonomi seiring pasarnya bersih, indah dan nyaman di kunjungi,” katanya.

Iswanto mengatakan aksi tersebut dilakukan sebagai sosialisasi pentingnya kebersihan pasar dan upaya Pemkab Aceh Besar menyiapkan lokasi pasar yang indah dan nyaman. 

“Aksi pembersihan pasar ini akan dilakukan Pemkab Aceh Besar secara rutin dan berkala, guna meningkatkan kebersihan sehingga saat bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya nanti, pasar ini lebih nyaman dikunjungi masyarakat di Aceh Besar dan Banda Aceh," kata Iswanto. 

Menurut Iswanto pasar yang bersih, indah dan nyaman tidak mungkin mampu dilakukan oleh petugas kebersihan saja, tanpa dukungan penjual dan pembeli.

“Mari kita bersama-sama untuk menjaga kebersihan dan mewujudkan pasar induk ini sebagai pasar yang bersih, indah dan nyaman bagi seluruh pembeli,” katanya.

Dalam aksi 1 jam bersih sampah di Pasar Lambaro tersebut, Pemkab Aceh Besar mengerahkan dua unit mobil kebakaran untuk membersihkan pasar daging dan ikan di pasar Lambaro.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023