Car Free Day (CFD) perdana yang digelar Kota Sabang pada tahun 2023 berlangsung meriah, meski sempat diguyur hujan. Hari bebas kendaraan bermotor itu dibuka langsung Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi di Area Sabang Fair, Kota Sabang, Ahad.

Reza mengatakan CFD akan rutin dilakukan setiap Ahad, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap penggunaan kendaraan bermotor, dan membudayakan olahraga, sekaligus menjadi ajang produktivitas bersama dalam mengisi akhir pekan.

"CFD ini bertujuan sebagai wadah bagi kita semua, masyarakat Sabang untuk melakukan aktivitas bersama, khususnya di hari Minggu. Jadi gunakan area ini untuk berolahraga, melaksanakan kegiatan-kegiatan komunitas, mempromosikan produk UMKM, dan banyak lagi kegiatan positif yang bisa dilakukan di CFD ini," kata Reza di Kota Sabang.
 
Pertandingan perang bantal IPFC Kota Sabang memeriahkan Car Free Day di Sabang, Minggu (26/2/2023). (ANTARA-Arwella Zulhijjah Sari)


CFD diisi dengan kegiatan seperti senam bersama, bazar UMKM serta berbagai pertunjukan dari beberapa komunitas di Kota Sabang. Reza turut mengapresiasi seluruh jajaran Forkopimda serta masyarakat Sabang yang antusias ikut memeriahkan CFD perdana.

Ia berharap, CFD dapat menjadi wadah berkumpul, sarana promosi, meningkatkan geliat ekonomi masyarakat, dan membangkitkan kepedulian terhadap lingkungan melalui hari bebas kendaraan bermotor. 

CFD kali ini berlangsung tidak lepas dari dukungan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Sabang serta Indonesian Pillow Fight Championship (IPFC), PAPPRI, Sabang Progressive Project, Komunitas Zumba Fit and Fun, para pelaku UMKM dan masyarakat Sabang.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023