Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Kabupaten Aceh Jaya menjalin kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina di kabupaten setempat dalam upaya mitigasi bencana sejak dini.

“ MoU ini merupakan salah satu upaya kita melaksanakan pencegahan mitigasi bencana alam dan non alam dalam masyarakat dan sekolah sejak dini,” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri di Calang, Selasa.

Ia menjelaskan dalam kerja sama tersebut BPBK Aceh Jaya nantinya akan melaksanakan sosialisasi dan simulasi tentang pengetahuan serta tata cara evakuasi pada saat terjadi bencana alam dan kebakaran.

“Memang untuk pencegahan bencana ini butuh dukungan semua pihak baik itu masyarakat, sekolah dan pemerintah karena kita tidak pernah tahu kapan bencana akan terjadi sehingga butuh kesiapan dini mulai dari orang dewasa hingga anak-anak,” kata Kalak BPBK Aceh Jaya.

Ia mengatakan MoU kerja sama tersebut merupakan yang kedua dilakukan karena sebelumnya telah bekerjasama dengan TK Putra II Calang dengan tujuan yang sama.

“Sebelumnya kita juga telah melakukan MoU dengan TK Putra Calang dengan tema yang sama, dengan harapan anak-anak mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana,” katanya.

Kalak juga berharap dukungan semua pihak sehingga kegiatan kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik selain dari upaya sosialisasi lainnya yang akan dilakukan oleh pihaknya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023