Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kabupaten Simeulue, Aceh, mencatat realisasi pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih Pemilu 2024 di kabupaten kepulauan tersebut sudah mencapai 85 persen.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Kabupaten Simeulue Nirwanuddin di Simeulue, Selasa, mengatakan pemilih yang sudah dicocokkan dan diteliti sebanyak 57 ribu orang dari daftar pemilih sementara sebanyak 67.229 orang.

"Realisasi coklit data pemilih sudah mencapai 85 persen persen. Dari 67.229 orang daftar pemilih sementara, yang sudah coklit sebanyak 57 ribu pemilih. Kami yakin coklit tuntas hingga 14 Maret," kata Nirwanuddin.

Nirwanuddin mengatakan KIP Kabupaten Simeulue mengerahkan 292 panitia pendaftaran pemilih (pantarlih). Pantarlih bertugas mencocokkan dan meneliti pemilih Pemilu 2024 untuk satu tempat pemungutan suara (TPS). 

Maksimal pemilih di setiap TPS sebanyak 300 orang. Sebanyak 292 TPS tersebut tersebar di 138 desa di sepuluh kecamatan di Kabupaten Simeulue, kata Nirwanuddin. 

"Kami mengingatkan pantarlih melaksanakan pencocokan dan penelitian pemilih dengan baik, sehingga tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya," kata Nirwanuddin.

Nirwanuddin mengatakan hasil coklit yang dilakukan pantarlih nantinya akan menjadi bahan penyusunan daftar pemilih, sehingga coklit harus menghasilkan data yang akurat, valid, dan mutakhir. 

Oleh karena itu, Nirwanuddin mengajak semua pihak mendukung pelaksanaan coklit dan semua tahapan agar pesta demokrasi dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemilu berkualitas. 

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024. Pemilu yang berkualitas tidak terlepas dari peran aktif dan dukungan semua pihak," kata Nirwanuddin.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023