Simpang Jernih (ANTARA Aceh) - PT Pertamina Asset EP Field Rantau memberikan bantuan kepada 103 kepala keluarga di Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, berupa listrik alternatif dari pohon kedondong pagar.

L&R Asist Manager Pertamina Asset l EP Field Rantau, H Jufry SE kepada wartawan di Simpang Jernih, Senin menyatakan, bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap, sehingga 103 KK di Desa Tampur Paloh bisa menikmati listrik alternatif.

Ia menyatakan, Desa Tampur Paloh adalah desa terpencil di pedalaman rimba Kabupaten Aceh Timur, memiliki latar belakang ketertinggalan dunia pendidikan serta jauh dari jangkauan listrik.

"Itu alasan Pertamina Asset l EP Field Rantau menjadikan Desa Tampur Paloh sebagai pusat riset dan pengembangan energi listrik dari pohon kedondong pagar,  selain Yayasan SMP Merdeka yang sudah mendapatkan manfaat energi alternatif tersebut, masyarakat juga akan menikmati listrik alternatif ini," ujar dia.

Pertamina fokus terhadap pengembangan energi listrik dari pohon kedondong pagar. "Inilah, bentuk kepedulian Pertamina kepada wilayah-wilayah yang tidak terjangkau. Kita coba lakukan perubahan, meski sedikit butuh waktu," kata Jufry.

Sebelumnya, Pertamina EP Field Rantau sudah mendistribusikan 250 batang pohon energi alternatif ke Desa Tampur Paloh,  sehingga total keseluruhan pohon energi yang sudah dipasok sebanyak 400 batang, yang sebelumnya diposisikan bagi SMP Merdeka dan masjid di desa tersebut.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016