Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letkol Infanteri Muhammad Syafii Nasution mengajak masyarakat di daerahnya agar memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Dengan mengoptimalkan lahan tidur menjadi produktif, maka akan tercipta kedaulatan pangan serta peningkatan perekonomian dan pendapatan masyarakat,” kata Dandim Muhammad Syafii Nasution di Meulaboh, Selasa (21/3).

Hal ini ia sampaikan saat meninjau lokasi program ketahanan pangan yang digalakkan oleh masyarakat di Desa Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Kodam IM kirim 450 prajurit ke Papua

Menurut Dandim, di atas lahan seluas tiga hektare yang ia kunjungi tersebut terhampar berbagai jenis komoditas seperti kacang tanah, jagung, labu air, padi darat, pisang hingga kelapa hibrida, budi daya ikan air tawar hingga peternakan kambing.

Ia mengharapkan program pemanfaatan lahan tidur di Desa Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meureubo, diharapkan dapat dicontoh oleh desa lainnya di Kabupaten Aceh Barat.

Guna mendukung program kedaulatan pangan di Aceh Barat, Kodim 0105 melalui Babinsa akan terus berupaya memberikan pendampingan dan pembinaan secara rutin kepada masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk mendorong suksesnya program ketahanan pangan maupun program lainnya yang ada di daerah.

Baca juga: Sebelas anggota TNI-Polri terjaring razia tempat hiburan malam

Pj Bupati Aceh Barat Mahdi dalam kunjungan tersebut mengapresiasi kepada masyarakat dan aparatur Desa Ranto Panyang Timur, yang telah menunjukkan komitmen kuat dalam mewujudkan ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat.

“Pengembangan pengelolaan lahan yang dilakukan oleh Desa Ranto Panyang Timur ini patut diapresiasi, karena telah berhasil memanfaatkan lahan bertani secara mandiri,” kata Mahdi.

Menurutnya, program ketahanan pangan merupakan salah satu langkah yang sangat strategis, cerdas dan konkrit untuk menjawab isu prioritas Pemerintah saat ini.

Di antaranya seperti penanggulangan kemiskinan ekstrem, menekan laju inflasi daerah, sekaligus turut mendorong percepatan penurunan stunting atau kekerdilan pada anak melalui ketersediaan bahan makanan yang bergizi.

Baca juga: Mantan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohammad Hasan jadi Pangdam Jaya

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023