Sejumlah masjid di Kabupaten Aceh Timur menyediakan kanji rumbi gratis sebagai menu berbuka puasa selama Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tidak hanya untuk berbuka bersama di masjid, kanji rumbi tersebut juga bisa dibawa pulang," kata Fikri, warga, di Aceh Timur, Minggu.

Beberapa masjid menyediakan kanji rumbi gratis antara lain Masjid Baitul Muttaqin Idi Cut, Masjid Al Usmani Beunot, Masjid Baitul Mannan Idi Rayeuk, Masjid Raudhatul Jannah Darul Aman, Masjid Baitul HIdayah Lhok Geulumpang, dan lainnya.

Menjelang Ashar, kaum hawa, anak-anak dan jamaah shalat mendapatkan secara gratis. Namun, mereka diharuskan mengantre di lokasi pembagian, sejak pukul 16.00 WIB atau setelah shalat ashar. 

Mereka mengantre rata-rata membawa wajan, plastik atau tempat untuk mengisi bubur kanji rumbi. Namun, sebagian jamaah juga disediakan data mengambil sebungkus yang telah disiapkan dalam plastik.

Kanji merupakan bubur dengan rempah-rempah yang dimasak dalam kuali besar. Sebagian besar kanji dibagi untuk penduduk, sisanya disajikan untuk warga yang musafir dan juga dihidangkan untuk para jamaah tarawih.

Di Masjid Al Usmani Idi Cut, biaya membuat kanji rumbi selama puasa merupakan sumbangan warga dan panitia masjid. Namun, ada juga dari kas masjid. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023