Warga di Aceh Tamiang agar waspada dengan ternaknya karena kawanan pencuri beraksi di bulan Ramadhan memanfaatkan waktu shalat tarawih. 

Hal ini terungkap setelah polisi meringkus kawanan pencuri ternak yang nekad beraksi saat bulan suci Ramadhan. Polisi dibantu warga yang terlibat aksi kejar-kejaran dengan kawanan pencuri ternak sapi menggunakan kendaraan mini bus hingga akhirnya berhasil dihentikan di depan Terminal Terpadu Tipe B Kota Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, karena tersangkut di bak dump truk.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis melalui Kasi Humas AKP Untung Sumaryo di Karang Baru, Selasa, mengatakan telah mengamankan satu unit mobil Avanza yang membawa dua ekor sapi hasil curian.

"Mobil Avanza yang dikemudikan tersangka kita amankan setelah gagal menyalip truk hingga tersangkut di badan truk. Kemungkinan besar pelaku panik saat dikejar personel Sat Intelkam," kata Untung Sumaryo.dump truk.

Baca juga: Nyuri sapi pakai mobil avanza ditangkap

Dijelaskannya, mobil Avanza yang disita warna abu-abu bernomor BK 1115 QD. Sementara para pelaku diduga berjumlah empat orang lolos dari kejaran aparat.

 "Saat mobilnya menabrak truk, pelaku yang berjumlah empat orang itu melarikan diri ke arah sungai. Saat ini masih dilakukan pengejaran," tegas Untung.

Dipaparkan sebelumnya kawanan maling ternak melancarkan aksinya sekira pukul 21.15 WIB, di lokasi sumur bor milik Pertamina Desa Perkebunan Tanjung Seumantoh. Mereka masuk menggunakan mobil Avanza pada saat masyarakat melaksanakan shalat tarawih.
 

Satpam Pertamina Riza melihat mobil Avanza melintas di area depan SP VII Rek sumur bor. Tak lama berselang Riza mendengar suara pekikan sapi. Merasa curiga ia mencari asal suara sapi dan menyaksikan ada empat orang pria sedang memuat dua ekor lembu ke dalam mobil Avanza tersebut. Kemudian saksi (Riza) geram meneriaki pelaku sambil melempar batu ke mobil Avanza.

Sadar aksinya diketahui orang, mobil pelaku langsung tancap gas dengan membawa muatan dua ekor lembu. "Mereka melarikan diri dari lokasi kejadian. Lalu mobil komplotan maling sapi tersebut dikejar oleh Security PT Pertamina Rantau atas nama Reza," paparnya.

Sementara itu, lanjut Untung, personel Sat Intelkam Polres Aceh Tamiang yang mendapat informasi melakukan penyekatan di jalan lintas Medan-Banda Aceh kawasan Desa Johar. Tapi para pelaku berhasil lolos di penyekatan pertama melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Empat pria pencuri sapi diamuk massa hingga masuk IGD RSUD Aceh Tamiang

 Tak mau kehilangan targetnya, polisi terus melakukan pengejaran berkoordinasi dengan Polsek Kota Kuala Simpang dan Satlantas Polres Aceh Tamiang untuk penyekatan kedua.

 Akhirnya mobil pelaku berhasil dihentikan di depan Terminal penumpang Kota Kuala Simpang setelah bemper depan Avanza tersangkut di belakang dump truk. Sedangkan ke empat pelaku belum diketahui identitasnya.

 Adapun bukti barang yang diamankan Polri berupa satu unit mobil Avanza BK 1115 QD, dua ekor sapi jantan dan betina hasil curian serta mobil STNK.Sat Intelkam Polres Aceh Tamiang yang mendapat informasi melakukan penyekatan di jalan lintas Medan-Banda Aceh kawasan Desa Johar. Tapi para pelaku berhasil lolos di penyekatan pertama melaju dengan kecepatan tinggi.

"Saat ini seluruh bukti barang telah diamankan di Mapolres Aceh Tamiang untuk pendalaman penyelidikan lebih lanjut," tukas AKP Untung.

Aksi kejar-kejaran di jalan raya pada malam hari tersebut sempat terpantau oleh aceh.antaranews.com di kawasan SPBU Tanah Terban. Satu unit mobil minibus melaju sangat kencang dikori sejumlah pengendara sepeda motor, sambil memberi isyarat agar mobil berhenti. Namun pengemudi mobil Avanza justru nekad memotong semua kendaraan yang ada di depannya. Informasi yang diperoleh mobil Avanza tersebut sudah dikejar sejak dari Desa Seumantoh, Karang Baru hingga Desa Sriwijaya, Kota Kuala Simpang yang jaraknya sekitar 15 kilometer.

Avanza tersebut sudah dikejar sejak dari Desa Seumantoh, Karang Baru hingga Desa Sriwijaya, Kota Kuala Simpang yang jaraknya sekitar 15 kilometer.

Baca juga: Warga bakar mobil komplotan pencuri sapi di Aceh Tamiang

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023