Universitas Islam Negeri UIN Ar-Raniry Banda Aceh menganugerahkan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia.

“Bagi UIN Ar Raniry, Bapak KH Ma’ruf Amin bukan hanya tokoh ekonomi Syariah Indonesia, lebih besar dari itu Bapak KH Ma’ruf Amin adalah Bapak Ekonomi Syariah  Indonesia,” kata Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memberikan sambutan dalam acara kuliah umum Wakil Presiden dan Peluncuran buku KH Ma’ruf Amin: Bapak Ekonomi Syariah yang berlangsung di Auditorium Prof. A. Hasjmy, Darussalam, Banda Aceh.

Ia menjelaskan transformasi dan harmonisasi dalam lahirnya Ekonomi Syariah di Indonesia tidak terlepas dari peran Prof KH Ma’ruf Amin, di mana beliau merupakan sosok yang istimewa yang dianugerahi oleh Allah ketajaman bathiniah, kekuatan intelektual, kearifan dan seni dalam menghiasi peran dan tanggung jawa beliau dalam berbagai profesinya berupa Kiyai, Ulama, Politisi, Akademisi serta Praktisi dalam bidang Ekonomi Syariah.

“Kita ketahui bersama bahwa KH Ma’ruf Amin merupakan salah satu konseptor dan peletak dasar bagi pengembangan industri keuangan Syariah di Indonesia. Beliau merupakan salah satu tokoh yang turut berperan dalam pendirian bank-bank syariah di Indonesia,” katanya.


Menurut dia banyak pemikiran dan diksi-diksi dalam fiqh muamalah yang kemudian menjadi produk Syariah dengan bahasa yang sederhana serta aplikatif, lahir dari peran Beliau selama menahkodai Majelis Ulama Indonesia. Di mana nilai-nilai Syariah telah diadaptasi sedemikian rupa dalam bentuk fatwa.

“Fatwa-fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) telah menjadi ‘panduan praktis’ bagi masyarakat dalam ber-ekonomi sesuai Syariah dan atas landasan itulah maka kami tergerak untuk menulis buku yang ditulis oleh dosen-dosen UIN Ar Raniry, KH M’aruf Amin: Bapak Ekonomi Syariah Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan fungsi seorang bapak membesarkan, melindungi, mengajarkan dan membimbing sehingga ekonomi Syariah menjadi kekuatan besar untuk menuju negara Indonesia yang Makmur, bermartabat dan menjadi rujukan internasional.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para penulis yang telah menerbitkan karya besar ini, juga kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bank Syariah Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar Raniry menyerahkan plakat penganugerahan gelar Bapak Ekonomi Syariah kepada Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023