Lokasi pasar murah di Kabupaten Aceh Tamiang 'diserbu' masyarakat rela antre hingga berjam-jam agar dapat membeli kebutuhan bahan pokok yang dijual dengan harga terjangkau.

“Hari ini, Senin (3/4) merupakan kegiatan pasar murah ke-enam yang dipusatkan di Kecamatan Tenggulun,” kata Kepala Dinas Koperindag dan UKM Aceh Tamiang, Ibnu Azis di Karang Baru, Selasa.

Dijelaskan pasar murah ini akan berlangsung selama 16 kali di 12 kecamatan selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah. 

Baca juga: Selama Ramadhan Pemkab Aceh Tamiang gilir pasar murah di 12 kecamatan

Adapun harga komoditas yang dijual di pasar murah terdiri dari beras premium Rp36.000/kg, telur ayam Rp33.000/papan, minyak goreng kemasan Rp16.500/liter dan gula pasir Rp9.500/kg.

“Alhamdulillah seluruh komoditi ludes terjual, barang berkurang lagi,” ujarnya.

Khusus komoditas beras, lanjut Ibnu Azis sudah habis disalurkan di empat kecamatan yakni, Kuala Simpang, Karang Baru, Manyak Payed dan Seruway.

Baca juga: Pemkab Pidie gelar pasar kontrol jelang Ramadhan

“Beras sebanyak 28 ton sudah kita salurkan ke empat kecamatan tersebut masing-masing terima 7 ton,” sebutnya.

Menurutnya program pasar murah pemerintah kabupaten terus digulirkan sampai tanggal 10 April 2023. Sementara jadwal gawean pasar murah pemerintah provinsi Aceh juga akan menyusul dalam rangka pengendalian inflasi secara nasional selama Ramadhan.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Banda Aceh kembali hadirkan pasar murah keliling

 Dirincikannya dari 16 kali pasar murah tersebut 12 kali merupakan gawean APBK Aceh Tamiang dan empat kali akan disalurkan Pemprov Aceh.


Dinas Koperindag Aceh Tamiang sendiri telah menerbitkan surat Nomor : 510/284 perihal Pemberitahuan Jadwal dan Lokasi Pasar/Pasar Murah kepada seluruh Forkopincam.

Dengan adanya pasar murah disetiap kacamata maka daya beli masyarakat akan terbantu demi mendukung stabilitas perekonomian di daerah.

“Segala jenis sembako yang dijual di pasar murah semua sudah disubsidi harga oleh pemerintah. Harganya lebih terjangkau seperti minyak goreng kemasan selisih harga dengan kios/grosir mencapai Rp4.000/liter,” tukas Ibnu Azis.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023