Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 5,9 kilogram lebih atau senilai Rp5,9 miliar yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Pemusnahan barang terlarang tersebut berlangsung di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Utara di Lhoksukon dan turut dihadiri unsur Forkompimda Aceh Utara, Kamis. 

Kajari Aceh Utara Diah Ayu H L Iswara Akbar di Aceh Utara mengatakan, sabu-sabu tersebut dimusnahkan dengan cara diblender dan dicampur dengan bahan bakar minyak yang selanjutnya dibuang ke saluran pembuangan. 

Baca juga: Bea Cukai musnahkan 5.853 koli pakaian bekas impor senilai Rp17 miliar

"Barang bukti sabu-sabu tersebut merupakan hasil sitaan dari 72 perkara tindakan pidana sejak tahun 2022 hingga Maret 2023," katanya. 

Diah Ayu mengatakan bahwa pemusnahan barang bukti narkotika jenja sabu-sabu tersebut dilakukan secara berkala guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap penanganan barang bukti tersebut. 

"Selain itu juga sebagai wujud upaya pemerintah dalam memerangi peredaran gelap narkotika untuk menyelamatkan generasi bangsa," katanya. 

Diah Ayu berharap agar terciptanya kerjasama antara masyarakat, tokoh pemuda dan aparat kepolisian untuk saling mendukung memberantas narkotika, guna meminimalisir tingkat penyalahgunaan barang haram tersebut di Kabupaten Aceh Utara.

"Kejari Aceh Utara telah melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba bagi para pelajar dengan melakukan program jaksa masuk sekolah dengan tujuan agar pelajar yang merupakan tameng serta generasi penerus bangsa paham tentang bagaimana mengenali hukum serta dapat menjauhi hukuman,"tutupnya.

Baca juga: BKSDA musnahkan bangkai harimau yang mati diduga diracun di kebun warga Aceh Timur

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023