PT Pos Indonesia Cabang Utama Banda Aceh menyalurkan bantuan sosial sembako Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial kepada 17.637 keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Aceh.

“Di Aceh ada 17.637 KPM penerima, dan posisi terakhir penyaluran sudah 92 persen jadi sisa sekitar 1.400 an KPM lagi,” kata Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh Nur Zamaludin, Jumat.

Nur Zamaludin menjelaskan bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk uang tunai, dengan besaran yang diterima setiap KPM bervariasi, mulai Rp200 ribu hingga Rp600 ribu.

Baca juga: Banda Aceh salurkan bantuan Rp5,91 miliar untuk warga kurang mampu

Penyaluran bantuan itu juga dilakukan melalui bank Himbara, sedangkan untuk Aceh melalui Bank Syariah Indonesia (BSI). Dalam hal ini, PT Pos Cabang Banda Aceh mendapatkan kuota untuk menyalurkan bantuan kepada 17.637 KPM di Aceh.

“Alhamdulillah ini sudah berprogres baik, jadi dari tiap harinya data penyaluran terus bertambah,” ujarnya.
 


Untuk sistem penyaluran, menurut dia, penerima bisa mendatangi loket Kantor Pos terdekat di daerah masing-masing untuk mengambil bantuan. Namun, petugas juga bakal mengantar langsung apabila para penerima tidak kunjung datang.

“Mungkin ada penerima yang belum tahu makanya tidak ambil-ambil,” katanya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya terus bekerjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping PKH untuk menyampaikan kepada penerima agar bisa segera mengambil bantuan ke loket kantor pos, apalagi sudah mendekati Lebaran.

Baca juga: Tinjau langsung penyaluarn BLT BBM, ini yang disampaikan Bakri Siddiq

Sejauh ini, menurut Nur Zamaludin, PT Pos belum memiliki kendala berarti dalam menyalurkan setiap bantuan sosial kepada masyarakat. Hanya saja, kondisi cuaca yang membuat penyaluran ke daerah terluar terganggu seperti Pulo Aceh di Kabupaten Aceh Besar dan Pulau Banyak di Aceh Singkil.

“Program PKH ini tentu bertahap, tapi kami belum ada informasi apakah ada penyaluran tahap selanjutnya dari kami. Ini yang disalurkan (sembako PKH) untuk Maret,” katanya.

Baca juga: 5.202 penerima PKH di Nagan Raya sudah terima Rp10,1 miliar dari pemerintah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023