PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional Blang Bintang Aceh Besar menyatakan pihaknya siap mengakomodir pengajuan penambahan jadwal penerbangan  (extra flight) dari maskapai penerbangan selama masa mudik Lebaran 2023 tujuan ke Provinsi Aceh.

“Sejauh ini belum ada maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan baik dari Jakarta-Banda Aceh atau sebaliknya atau rute lainnya,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Blang Bintang Darmadi di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan pada prinsipnya pihaknya siap mengakomodasi pengajuan penambahan dari pihak maskapai dalam upaya mendukung kegiatan mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ia menyebutkan total penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar sejak H-10 hingga H-5 lebaran Idul Fitri dengan total sebanyak 10,905 terdiri dari domestik 9.174 penumpang dan 1.731 penumpang internasional.

Lebih rinci ia menambahkan seluruh penumpang tersebut diangkat dengan menggunakan 112 penerbangan terdiri dari 9o penerbangan domestic dan 22 penerbangan internasional.

Ia menambahkan secara kapasitas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar mampu menampung sebanyak 3000 penumpang per hari dan untuk saat ini tingkat penumpang yang datang ke Aceh pada musim mudik lebaran Idul fitri 2023 lebih tinggi dibandingkan keberangkatan dari Aceh.

“Pada prinsipnya Bandara SIM siap melayani pengguna jasa bandara untuk arus mudik lebaran Idul Fitri dan sejauh ini traffic pesawat maupun penumpang masih dalam kondisi aman, lancar dan terkendali,” katanya.

Ia mengatakan dalam pemantauan aktivitas arus mudik di Bandara SIM pihaknya mendirikan dua posko yakni Posko pengamanan TNI dan Polri untuk monitoring keamanan dan posko pemantauan operasional pesawat udara dan penumpang oleh personel bandara dan pemangku kepentingan terkait.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023