Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sabang melakukan tes urine terhadap anak buah kapal (ABK) kapal ferry KMP BRR, guna menciptakan kelancaran serta keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Pj Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Sabang Supriadi, Kamis, mengatakan tes urine dilakukan untuk mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba terhadap para pengendali sarana angkutan lintas laut itu selama perayaan Idul Fitri.

"BNN berharap agar para ABK KMP BRR yang mengangkut penumpang lintas Pelabuhan Balohan Sabang - Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ini dapat mewujudkan program Sabang Bersinar, salah satunya melalui upaya deteksi dini tes urine," kata Supriadi di Kota Sabang.

Baca juga: Dua sopir di Lhokseumawe positif narkoba jelang Lebaran

Tes urine itu dilakukan pada Rabu (19/4) malam. Hal ini sekaligus menindaklanjuti surat edaran Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI perihal upaya mendukung program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Lebaran.

Dalam tes urine secara mendadak itu turut hadir Dokter Klinik Pratama BNN Kota Sabang dr Rachmat Fauza dan petugas  pelaksana tes urine kepada 20 ABK kapal KMP BRR yang terdiri dari nahkoda, masinis, juru mudi, dan juru minyak.

Supriadi menambahkan, untuk menyikapi arus mudik dan arus balik serta puncak libur Lebaran, pihaknya perlu memastikan kesiapan ABK agar tercipta keselamatan pelayaran dan penumpang selama di perjalanan.

Baca juga: Ciptakan mudik aman, BNN lakukan tes urine sopir di Terminal Lueng Bata

Selain puncak arus mudik dan arus balik Lebaran, lanjut dia, Sabang juga menjadi destinasi wisata yang mendatangkan banyak pengunjung selama lebaran baik lokal maupun mancanegara. 

"Oleh karena itu, kami dari perlu memastikan keselamatan penumpang dengan melakukan pengecekan urine dan memberikan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada awak kapal,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Klinik Pratama dr Rachmat Fauza dan Konselor BNN Kota Sabang Akhirullah Abd Rajab melalui pemeriksaan ini juga turut menjelaskan sop tes urine yang dilakukan bagi ABK.

BNN Kota Sabang mengimbau para ABK dan pemudik maupun pendatang yang akan berlibur ke Sabang, akan bahaya narkoba, dan mengajak untuk menjauhinya.

Baca juga: Personel Ditresnarkoba Polda Aceh jalani tes narkoba, ini hasilnya

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023