Ribuan jamaah memadati masjid Abu Beureueh atau Baitul Alalilmujahidin untuk melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Ribuah jamaah umumnya berasal dari Kecamatan Mutiara, Beureunuen yang mulai memadati jamaah di kawasan tersebut sejak pukul 06.00 WIB dan pelaksanaan shalat dilaksanakan pukul 07.55 WIB.

Pelaksanaan dilaksanakan di halaman masjid hingga mengambil bagian parkiran kendaraan agar banyak masyarakat bisa mengikuti. Sementara area parkiran dialihkan ke badan jalan nasional Banda Aceh-Medan. 

Baca juga: Ribuan warga shalat Id Fitri di Blang Padang Banda Aceh

Khatib Tgk Asnawi Arakundo mengatakan jamaah kaum muslimin harus selalu dalam keadaan rasa syukur  dan kebahagiaan atas banyaknya kebaikan dan rahmat Allah SWT. 

“Momentum Idul fitri ini supaya menjadi kita lebih istiqamah dalam taat beribadah kepada Allah begitupun sesama muslimin dan muslimat harus saling memaafkan pada hari yang suci ini,” kata Tengku Asnawi. 

Sementara itu, salah satu jamaah Roslaini mengatakan pelaksanaan shalat kali ini sama seperti tahun sebelumnya saat COVID-19, jamaah selalu berbondong-bondong melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid kebanggaan masyarakat Pidie itu. 

Disamping itu, para jamaah yang berada di pekarangan masjid usai melaksanakan sholat langsung bergerak pulang karena kondisi cuaca yang sangat panas dengan paparan sinar matahari ke arah barisan jamaah.

Baca juga: Warga Banda Aceh padati Masjid Raya Baiturrahman

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023