Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia membangun satu unit Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Jambo Burong, Pegunungan Singgahmata, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

“Pembangunan satu unit BTS ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Nagan Raya membebaskan wilayah terpencil Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang dari kawasan blankspot (tak ada jaringan internet),” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Said Amri di Suka Makmue, Jumat.

Menurutnya, lokasi pembangunan satu unit BTS tersebut berada di jalan lintas barat menuju  kawasan tengah Aceh, ata sekitar tujuh kilometer dari Beutong Ateuh ibu kota Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya.

Baca juga: Hadapi lonjakan trafik data saat lebaran di Aceh, ini yang dilakukan XL Axiata

Said Amri mengatakan saat ini proses pembangunannya masih dalam tahap pemasangan besi untuk pengecoran pondasi tower.

Ia mengatakan pembangunan tower BTS tersebut, sebagai upaya menghadirkan jaringan internet bagi masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya.

“Pembangunan BTS ini merupakan program prioritas Ibu Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, sejak beliau dilantik sebagai Pj Bupati Nagan Raya pada 11 Oktober 2022 lalu,” kata Said Amri.
 

Ia mengatakan pembangunan BTS dari Kominfo tersebut, merupakan hasil kerja keras Pj Bupati Nagan Raya yang melakukan komunikasi dengan intens dengan Kemenkominfo di Jakarta, termasuk dengan sejumlah pihak seperti PT Tekom Aceh, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XVIII Banda Aceh, serta sejumlah pihak terkait lainnya. 

Ketua Generasi Beutong Ateuh Banggalang (GBAB) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Zakaria memberi apresiasi kepada Pj Bupati Nagan Raya yang berupaya mewujudkan pembangunan tower internet di daerah pedalaman.

"Kami apresiasi, artinya ada itikad Ibu Pj Bupati untuk memerdekakan Beutong Ateuh, walaupun ini pembangunannya belum seratus persen," ucap Zakaria.

Pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Nagan Raya untuk memberikan kemudahan akses layanan internet bagi masyarakat, sehingga masyarakat di wilayah pedalaman dapat menikmati layanan komunikasi dan informasi yang lebih baik dan aktual.

Baca juga: Wabup Galus resmikan 5 BTS jaringan 4G

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023