Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya menjalin kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) University untuk masa kerja selama lima tahun.

"Kami berharap kerjasama ini dapat membantu kami dalam mengembangkan sektor pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Aceh Jaya," kata Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin dalam keterangannya, di Aceh Jaya, Sabtu.

Kerjasama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman memorandum of understanding (MoU) antara Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin dengan Rektor IPB University Pro Arif Satria di IPB International Convention Center, Bogor.

Baca juga: Rimbawan: Tantangan konservasi penyelamatan hutan semakin berat

Nurdin menyampaikan, ekonomi masyarakat Aceh Jaya sebagian besar bersumber dari sektor pertanian dan memiliki potensi luar biasa pada sektor konservasi satwa liar mulai dari Gajah, Buaya, penyu, hingga hiu. semuanya bisa ditemukan di Aceh Jaya. 

Konservasi satwa liar telah dibangun untuk melindungi mereka dari gangguan manusia dan hewan lainnya dalam upaya pelestarian satwa liar. 

"Aceh Jaya terus berupaya meningkatkan pengawasan dan perlindungan terhadap satwa-satwa langka yang ada di wilayah ini,” ujarnya.
 


Nurdin menuturkan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan bahwa pada 2024 angka kemiskinan ekstrim di Indonesia harus nol persen. 

Namun, untuk angka kemiskinan di Aceh Jaya saat ini masih tergolong tinggi. Karena itu, untuk mencapai nol persen kemiskinan ekstrim 2024, pihaknya harus banyak melakukan kolaborasi dan kerjasama guna mendorong potensi yang dimiliki dan langkah awal yang dilakukan salah satunya yaitu redistribusi lahan kepada masyarakat. 

Kata dia, adanya kolaborasi bersama dengan IPB University, maka semua potensi di Aceh Jaya nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga dapat mengejar target nol persen tersebut.

"Terima kasih kepada semua pihak di IPB University atas kesediaannya untuk bekerjasama dengan Aceh Jaya. Mudah-mudahan kerjasama ini menjadi langkah awal bagi kami untuk bergerak cepat dalam membangun kesejahteraan masyarakat," kata Nurdin.

Sementara itu, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menegaskan bahwa IPB selalu siap dan bersedia mendukung Aceh Jaya dalam proses pengembangan semua potensi ekonomi yang dimiliki.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu Kabupaten Aceh Jaya dalam mengembangkan sektor pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," demikian Prof Arif Satria.

Baca juga: Konservasi Aron Meubanja Panga lepaskan 12 ribu tukik dalam 10 tahun

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023