Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan menyalurkan puluhan ekor ternak sapi untuk empat kelompok tani sebagai upaya mendukung program swasembada daging nasional. 
 
Kepala Bidang Peternakan pada Distanpan Abdya EZ Muntasir yang dihubungi wartawan di Blangpidie, Sabtu membenarkan puluhan ekor Sapi akan disalurkan untuk empat kelompok tani.
 
Adapun jenis Sapi yang akan di salurkan pada kelompok ternak untuk dikembang biakan oleh masyarakat tersebut jenis Sapi Aceh. Salah satu jenis Sapi lokal yang telah lama menyatu dalam kehidupan masyarakat di Provinsi Aceh. 

Baca juga: Hari terakhir meugang Idul Fitri, lapak penjual daging sapi di Banda Aceh diserbu pembeli
 
Ia menjelaskan empat kelompok yang mendapatkan bantuan Sapi Aceh tersebut dua kelompok di antaranya berada di Kecamatan Babahrot, Satu kelompok di Kecamatan Kuala Batee dan satu kelompok lagi di Kecamatan Jeumpa. 
 
Selain itu lanjut dia, Distan Abdya juga akan menyalurkan puluhan ekor ternak kambing kepada kelompok tani sebagai upaya pemerintah daerah menurunkan angka stunting dan mencegah inflasi.
 
"Semua anggaran untuk kebutuhan pengadaan bantuan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) 2023 dengan total keseluruhan sekitar Rp 700 juta," ungkapnya
 
Ia menerangkan bahwa semua ternak bantuan untuk masyarakat tersebut merupakan bagian dari pokok pikiran (pokir) DPRK Abdya dalam rangka mendorong sektor peternakan di daerah.
 
"Jadi, bantuan ternak ini akan kita distribusikan pada bulan Mei dan Juli 2023 ini. Kalau untuk kandang dan pakan iti tidak ada. Hanya ternak saja," jelasnya.

Baca juga: 12 ekor sapi dimangsa harimau

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023