Sebanyak delapan gampong (desa) dari dua kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut sejak sore tadi.

“Air naik sekitar pukul 17.00 WIB menyebabkan genangan di badan jalan akses dan pemukiman masyarakat," kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri, di Aceh Jaya, Sabtu.

Fajri menyampaikan, pemukiman warga mulai digenangi banjir sekitar pukul 19.00 WIB. Adapun dampak dari banjir tersebut membuat masyarakat terisolir dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

"Karena jalan tersebut merupakan akses satu-satunya masyarakat untuk melakukan aktivitas,” ujarnya.

Fajri menuturkan, banjir tersebut terjadi karena adanya luapan sungai Krueng Masen di Kecamatan Darul Hikmah dan tersumbatnya saluran drainase lainnya.

“Ketinggian air rata-rata 10  hingga 30 centimeter dan untuk sementara debit air belum surut namun tidak menutup kemungkinan apabila hujan terus-menerus hingga esok hari akan terjadi banjir besar,” kata Fajri.

Adapun sejumlah gampong yang tergenang banjir yaitu di Kecamatan Darul Hikmah Gampong Babah Dua, Masen, Baro L, Panton Krueng, Lamteungoh, Ujong Rimba, dan Krueng Tho. Sementara di Kecamatan Indra Jaya hanya di Gampong Meudang Ghon.

Baca juga: Puluhan rumah warga di Seumantok Aceh Barat terdampak banjir luapan sungai

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023