Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melepas 159 calon haji di Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan yang diberangkatkan melalui Embarkasi Sultan Iskandar Muda.

"Atas nama pemerintahan daerah dan masyarakat Aceh Selatan, saya turut berbahagia dengan mengucapkan selamat kepada jamaah calon haji yang telah Allah berikan kesempatan untuk menunaikan rukun islam kelima pada tahun ini," Kata Tgk Amran di Aceh Selatan, Rabu.

Adapun 159 jamaah calon haji berasal dari 15 kecamatan di Aceh Selatan yakni, dari Trumon satu orang, Trumon Timur satu orang, Bakongan Timur dua orang.

Kota Bahagia dua orang, Kluet Selatan lima orang, Kluet Timur lima orang, Kluet Utara 43 orang, Pasie Raja delapan orang, Tapaktuan 33 orang, Samadua 20 orang.

Serta Kecamatan Sawang dembilan orang, Meukek 17 orang, Labuhanhaji Timur tiga orang, Labuhanhaji tujuh orang, dan Kecamatan Labuhanhaji Barat dua orang.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan para jamaah menunaikan ibadah haji untuk menyempurnakan rukun islam yang kelima, yang merupakan cita-cita setiap umat islam di dunia, tak terkecuali di Kabupaten Aceh Selatan. 

Tgk Amran menjelaskan secara khusus di Provinsi Aceh pelaksanaan ibadah haji ditegaskan melalui qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan dan pengelolaan ibadah haji dan umrah, agar calon jamaah haji di Aceh bisa melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

Sebagaimana amanat undang-undang dan Qanun Aceh, maka Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan memfasilitasi pemberangkatan para jamaah dari daerah asal ke Embarkasi Banda Aceh.

Tgk Amran berharap agar para jamaah bisa menjalankan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena keberangkatan ini patut disyukuri dan diketahui.

"Alhamdulillah, langkah jamaah menuju tanah suci telah terbuka, namun kami ingatkan kembali agar senantiasa patuhi aturan dan menjaga kesehatan," kata Bupati Aceh Selatan.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Aceh Selatan Anisullah menjelaskan pemberangkatan jamaah haji pada Minggu (28/5) dengan armada bus kapasitas 40 penumpang sebanyak lima unit dan masuk asrama haji pada 29 Mei 2023.

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023