Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyiapkan 105.350 kilogram benih padi bantuan yang diperuntukkan bagi ratusan kelompok tani di daerah tersebut.

“Bantuan 105.350 kilogram benih padi ini kita siapkan untuk 274 kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Nagan Raya,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya drh Safridhal di Suka Makmue,  Aceh, Ahad.

Ia menjelaskan bantuan benih padi tersebut diharapkan dapat ditanam pada tahun 2023 ini di areal sawah dengan luas lahan mencapai 4.214 hektare.

Ada pun jenis benih padi yang saat ini sudah mulai dibagikan kepada kelompok tani tersebut merupakan jenis Inbrida Padi Sawah Irigasi atau Inpari 32.

Safridhal mengatakan pemerintah daerah (pemda) memilih benih padi jenis Inbrida Padi Sawah Irigasi (Inpari) 32, karena benih tersebut sangat cocok dengan tanah di daerah tersebut.

“Hasil survei yang kami lakukan, varietas jenis Inpari 32 sangat cocok dengan kondisi tanah di Nagan Raya,” ujarnya.

Safridhal mengatakan pembagian bibit padi tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi padi petani di Kabupaten Nagan Raya dan dapat meningkatkan swasembada beras di daerah tersebut.

"Benih padi yang sudah kita salurkan sebanyak 18.175 kilogram, kepada 51 kelompok tani dengan luas lahan 727 hektare yang tersebar di Kecamatan Beutong, Suka Makmue dan Kuala," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh salurkan 18.175 kg benih padi untuk petani
Baca juga: Dandim Abdya salurkan bantuan 55 ribu ekor benih ikan, hasil kolaborasi dengan KKP

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023