Masyarakat di Gampong Lama Muda, Kecamatan Kuala Batee dan Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan benih ikan dari komandan Kodim daerah itu untuk di budidaya dikolam dan tambak. 

Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi di Blangpidie, Jumat, mengatakan penyaluran benih ikan kepada masyarakat itu bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budi Daya Air Payau (BPBAP) Aceh. 

Adapun jumlah bantuan benih ikan yang disalurkan kepada masyarakat tersebut sebanyak 55 ribu ekor, terdiri dari 27 ribu ekor ikan nila dan 28 ribu ekor ikan kakap. 

Baca juga: Petani tambak Lama Muda terima bantuan bibit ikan

Dandim mengatakan bantuan benih ikan tersebut dialokasikan untuk dua Gampong, yakni Gampong Lama Muda sebanyak 40 ribu ekor dan sisanya 15 ribu  ekor lagi diberikan kepada warga Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng. 

"Penyaluran bantuan benih ikan ini kami serahkan langsung kepada masing-masing Keuchik (Kades) didampingi para ketua kelompok pembudidaya ikan di Gampong masing-masing, " katanya

Ia juga mengatakan teknisi Instalasi Budidaya Ikan Nila BPBAP, Arfian, dan Pengawas Perikanan Pelaksana BPBAP, Silman Arizi juga ikut hadir pada acara penyaluran benih ikan tersebut. 

Disela-sela penyaluran Dandim Abdya meminta kepada para kelompok peternak agar tidak cepat memanen ikan yang telah ditebar, tapi terus di budidaya dan dikembangbiakan sehingga bisa menambah populasi benih untuk masyarakat pembudidaya lain. 

"Ikannya nanti dikembangbiakan dulu, jangan langsung dipanen atau dijual. Jadi stok benihnya tidak habis sehingga bisa dibagikan kepada yang lain," tegasnya. 

Baca juga: TNI bantu bibit ikan tingkatkan ekonomi masyarakat

Dandim berharap bantuan benih ikan tersebut dapat bermanfaat untuk peningkatan ekonomi dan pemenuhan gizi masyarakat dalam mencegah stunting. Selain itu juga sebagai upaya membantu Pemerintah dari resiko Inflasi. 

Adapun kelompok peternak ikan yang mendapat bantuan benih ikan dari Dandim Abdya yakni kelompok Suak Naleng Jaya, Ade Berata, dan Maju Mandiri Abdya Gampong Lama Muda. 

Sedangkan di Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Manggeng adalah kelompok peternak ikan Usaha Bersama.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya sebar 110 ribu bibit Ikan Nila di Danau Laut Tadu

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023