Denver Nuggets menyapu bersih LA Lakers 4-0 di final NBA Playoffs wilayah Barat. Nuggets menapakan kaki di final NBA 2023 untuk pertama kali dalam sejarah klub itu.

Adalah penampilan gemilang Nikola Jokic yang mencatat triple-double sekaligus membawa Denver Nuggets ke Final NBA untuk pertama kalinya usai mengalahkan Los Angeles Lakers dengan skor tipis 113-111 dalam gim keempat laga final NBA Wilayah Barat di Crypto.com Arena Los Angeles, Selasa WIB.

Nuggets sebenarnya sudah mencapai babak Final NBA Wilayah Barat sebanyak lima kali, namun baru kali ini untuk pertama kali ke Final NBA. Pada pertandingan NBA final nanti, Nuggets akan menghadapi pemenang final NBA Playoffs wilayah Timur yang masih diperebutkan oleh Miami Heats dan Boston Celtics.


Baca juga: Nuggets ungguli Lakers 3-0 di NBA Playoffs final wilayah, Lebron kalah dikandang

Yang perlu digarisbawahi adalah kekuatan Nuggets yang pada semifinal ini terlihat luar biasa. Mereka tidak memberi ampun Lakers pada setiap laga sehingga menyapu bersih dengan skor keseluruhan 4-0, dan membuat LeBron James dkk mustahil menang di sistem skor best of seven

Padahal, Lakers sebelumnya baru saja dianggap mengalami kebangkitan (comeback) karena mengalahkan juara bertahan NBA Goldenstate Warriors.


Baca juga: Nuggets tim pertama yang melaju ke Final NBA Playoffs wilayah Barat, Jokic tampil cemerlang
 

Pecahkan Rekor

 
Arsip. 18 Mei 2023; , AS; Center Denver Nuggets Nikola Jokic (15) memberi isyarat kepada penggemar saat dia berjalan keluar lapangan setelah pertandingan melawan Los Angeles Lakers di game kedua playoff NBA Final Wilayah Barat di Ball Arena, Denver, Colorado. ANTARA/REUTERS/Isaiah J. Downing-USA TODAY Sports


Penampilan Nikola Jokic juga sungguh luar biasa. Dari keempat gim versus Lakers, Jokic mencatat tiga kali triple-double. 

Catatan triple-double tersebut merupakan yang kedelapan yang dibuat oleh Jokic pada babak playoff NBA 2023 setelah sebelumnya mencatat 29 triple-double di musim reguler NBA 2022-2023.

Pencapaian itu membuat Jokic memecahkan rekor Wilt Chamberlain sebagai pencetak triple-double terbanyak di NBA Playoffs. Rekor itu sudah bertahan 56 tahun, dan Wilt Chamberlain dikenal sebagai bintang LA Lakers. Sebuah keberuntungan sepertinya buat Jokic.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi NBA, Jokic mencetak 30 poin, 14 rebound, dan 13 assist, sekaligus mencetak dua poin penentu kemenangan Nuggets di akhir laga.

Di bawahnya Jamal Murray menyumbangkan 25 poin, Aaron Gordon menambah 22 poin, Michael Porter Jr 15 poin dan 10 rebound, serta Kentavious Caldwell-Pope 13 poin.

Baca juga: Heat tampik perkasa hancurkan Celtics di Miami 128-102 di final NBA Playoffs wilayah timur

Legenda hidup Los Angeles Lakers LeBron James kembali hampir menyamai catatan triple-double Jokic, yaitu dengan mencetak 40 poin, 10 rebound, dan sembilan assist.

Anthony Davis menambahkan 21 poin dan 14 rebound, Austin Reaves 17 poin, Dennis Schroder 13 poin, dan Rui Hachimura 10 poin.

Pada laga keempat ini, sebenarnya LeBron James dkk sudah menguasai pertandingan sejak kuarter pertama hingga pertengahan kuarter tiga. Lakers sempat memimpin 15 poin.

Namun di pertengahan kuarter ketiga, Nuggets bisa membalikkan keunggulan hingga sempat memimpin tujuh poin. Lakers yang bermain di hadapan pendukungnya sempat melawan di kuarter terakhir, namun usaha mereka tidak lebih dari hanya menyamakan poin.

Baca juga: Lakers melaju ke final NBA Playoffs wilayah Barat usai kalahkan juara bertahan Warriors

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023