Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat Kecamatan Sukajaya, dalam upaya meningkatkan pengawasan orang asing di Pulau Weh itu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Lutfi, mengatakan rapat rutin ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat sinergitas antar instansi yang tergabung dalam Tim Pora di Kecamatan Sukajaya Sabang sehingga strategi pengawasan orang asing sesuai dengan informasi dan kondisi terkini.

“Forum Tim Pora ini sangat penting bagi kita dalam rangka saling berbagi informasi mengenai orang asing terkait dengan keberadaan dan kegiatannya,” kata Lutfi dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Kamis.


Baca juga: Imigrasi gaet wisman ke Sabang melalui program Immigration On Shipping

Lutfi yang sebagai ketua Tim Pora menjelaskan koordinasi dan sinergi sangat dibutuhkan dalam memantau pergerakan orang asing di wilayah NKRI, sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai potensi pelanggaran keimigrasian yang tak diinginkan. 

“Sehingga informasi yang diperoleh tersebut dapat ditindaklanjuti guna mencegah terjadinya pelanggaran peraturan perundang-undangan di Indonesia oleh orang asing khususnya terkait keimigrasian," katanya.

Dalam rapat yang digelar Selasa (23/5) itu juga turut hadir unsur Kecamatan Sukajaya di antaranya Camat, Danramil, Kapolsek, Danpos AL, Kepala KUA, Keuchik, Babinsa, dam Bhabinkantibmas se Kecamatan Sukajaya Sabang. 

Selanjutnya, sebagai bentuk tindak lanjut dari rapat koordinasi, Tim Pora Kecamatan Sukajaya akan melaksanakan operasi pengawasan orang asing di kawasan Sukajaya.

Baca juga: Imigrasi Sabang tingkatkan pengawasan terhadap orang asing

Pewarta: Khalis

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023