Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama program akademik gelar ganda dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) sebagai upaya melaksanakan program Internasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

"Proses perkuliahan ini akan berlangsung setahun, pertama di UUM kemudian tahun kedua perkuliahannya di UIN Banda Aceh,” kata Rektor UIN Ar-Raniry dihubungi di Banda Aceh, Senin.

Di sela-sela penandatanganan kerja sama tersebut, ia menjelaskan UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti kegiatan kick off pembukaan program double degree dengan UUM Malaysia dan 3 Prodi di pasca UIN Ar-Raniry yaitu Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Pendidikan Agama Islam.

Baca juga: USK bertekad lahirkan wirausaha baru di Aceh

Prof Mujib mengatakan program double degree tersebut merupakan kerja sama Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) yang dibiayai sepenuhnya melalui beasiswa LPDP.pemda

"Mahasiswa yang akan direkrut sekitar 5 orang per satu Prodi. Artinya ada 15 orang yang akan kita rekrut dan itu harus mengikuti rekrutmen yang dilakukan oleh UIN, UUM dan juga Kemenag melalui LPDP," kata Prof Mujib.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman dan Vice-Chancellor UUM Prof Dr Mohd Fo'ad Sakdan dan disaksikan Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi, Sekretaris Ditjen Pendis Rohmat Mulyana dan Kepala Biro HDI Setjen Kemenag Ahmad Fauzin.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pendidikan bukan sekedar panggilan atau tugas konstitusi tetapi tugas bersama untuk menciptakan anak-anak masa depan bangsa. Menurutnya, perjalanan panjang pembangunan sebuah peradaban lanjutnya tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Pembangunan peradaban merupakan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan kerja sama.

Baca juga: Mahasiswa asal Gambia lulus dengan predikat cumlaude di USK

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023