PT PLN ULP Calang bersama Dinas Lingkungan Hidup Aceh Jaya melakukan gerebek penyulang dan perintisan bersama untuk menjaga kehandalan sistem dan mencegah terjadinya gangguan supply tenaga listrik.

"Kegiatan gerebek penyulang dan perintisan bersama yang kita lakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya ini dilakukan di beberapa titik krusial jaringan PLN yang tersebar di Kecamatan Setia Bakti," kata Manajer PLN ULP Calang Zul Fahmi di Aceh Jaya, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas layanan suplai listrik ke pelanggan dan mengurangi risiko padam yang terjadi akibat gangguan pohon yang tumbang atau patah.

"Kami berharap masyarakat juga  mendukung upaya menjaga keandalan kelistrikan dan juga keselamatan ketenagalistrikan dengan melaporkan jika ada pohon yang sudah mendekati jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile maupun Contact Center PLN 123," katanya.

Ia menyebutkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya, PLN mengoperasikan Jaringan Listrik Tegangan Menengah sepanjang 462 kms, Jaringan Listrik Tegangan Rendah sepanjang 379 kms di mana beban Puncak PLN ULP Calang adalah sebesar 6 MW dengan jumlah pelanggan sebanyak 23.389 pelanggan.

 Ia menambahkan penyebab utama gangguan pada jaringan listrik adalah dahan/ranting pohon yakni sebesar 45 persen, gangguan binatang sebesar 20 persen dan diikuti 35 persen disebabkan oleh faktor cuaca dan material.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Jaya Yerri Afzal mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan gerebek penyulang PLN ULP Calang, karena sangat penting untuk menjaga sistem kelistrikan di Aceh Jaya. 

"Kami mendukung penuh kegiatan ini dan siap memberikan dukungan yang sekiranya diperlukan," katanya.

Baca juga: Yuk cek tagihan lewat fitur catat meter mandiri PLN Mobile

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023