Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyatakan daerah itu ditunjukkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh  ke XVII pada 2024. 

"Alhamdulillah, ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik. Tentunya, kami harap dukungan semua pihak menyukseskan Popda 2024," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Selasa.

Syahril mengatakan penunjukan sebagai tuan rumah tertuang dalam surat keputusan Gubernur. Surat keputusan diserahkan langsung Asisten III Sekretariat Daerah Aceh Iskandar kepada Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri. 

Sejauh ini, kata Syahril, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur sudah menyatakan kesiapan dan berkomitmen untuk menjadi tuan rumah pekan olahraga pelajar tingkat Provinsi Aceh tersebut.

"Setelah menerima surat keputusan penunjukan tuan rumah, maka kami mulai fokuskan persiapan serta mempercepat penyediaan arena cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan pada popda nanti," kata Syahril.

Persiapan selanjutnya, kata Syahril, pihaknya juga akan memfokuskan mempersiapkan lokasi penginapan bagi kontingen dari 23 kabupaten kota yang menjadi peserta Popda Aceh 2024.

"Kami akan sediakan tempat penginapan senyaman mungkin bagi kontingen sehingga tamu-tamu yang hadir dapat merasa nyaman selama pekan olahraga dua tahunan tersebut berlangsung di Aceh Timur," kata Syahril.

Menyangkut pelaksanaannya, Syahril mengatakan popda digelar Mei 2024. Pekan olahraga tersebut diperkirakan bakal dihadiri empat ribuan atlet dan ofisial dari seluruh Provinsi Aceh.

"Selain mencari bibit olahraga, pekan olahraga ini juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Aceh Timur. Ini merupakan dampak positif sebagai tuan rumah yang akan dihadiri peserta dari seluruh Aceh," kata Syahril.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023