Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengajak masyarakat di provinsi itu khususnya untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pemaknaan dari Peringatan Hari Lahir Pancasila tentu saja tidak hanya pada upacara saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana  kita benar-benar dapat mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Achmad Marzuki di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Asisten III Setda Aceh Iskandar AP di sela-sela menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Baca juga: Wagub Lemhanas RI: Pemantapan nilai Pancasila penting untuk hadapi ancaman global

Ia menjelaskan di era globalisasi dan interaksi antar belahan dunia  membuat semua harus waspada terhadap meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi.

“Jika kita tidak memperkuat diri dengan nilai-nilai kebangsaan sebagaimana yang diamanatkan di dalam Pancasila, maka sudah pasti kebebasan tidak terkendali akan melanda negeri dan budaya akan tergerus karena masyarakat akan lebih banyak berpikir secara individualistis yang intinya hanya memikirkan diri sendiri,” katanya.

Karena itu, Pancasila harus senantiasa menjadi pegangan, sebab di dalamnya tidak hanya terkandung tradisi dan nilai-nilai budaya, tapi juga nilai-nilai agama.

“Kami mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan, terutama dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada,” katanya.

Ia menambahkan di dalam Pancasila juga termaktub dengan jelas tentang Keadilan, kebersamaan, nilai-nilai tradisi, norma kehidupan dan semangat saling menghargai. 

Baca juga: BPIP akui bupati dan seluruh warga Aceh Barat cinta terhadap Pancasila
 

 

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023