Sebanyak enam unit rumah berkonstruksi kayu dan semi permanen di Gampong Cirih Blang Mee Kecamatan Delima Kabupaten Pidie habis di lalap si jago merah, Kamis.

"Ada enam ruang warga yang terbakar sekitar pukul 03.00 WIB, dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," kata Kabid Kesiap Siagaan Damkar Pidie Syahrial, di Pidie, Kamis.

Adapun rumah yang terbakar tersebut yakni milik Maimunah (68), Sumarni (43), Syafii(33), Hamzah (63), Angkasyah (50), Tihawa (64).

Baca juga: Kebakaran lahan seluas 1,5 hektare di Aceh Barat sudah padam

Syahrial mengatakan, api begitu cepat merambat ke rumah tetangga karena  rumah adat Aceh berkonstruksi kayu.

Ia menjelaskan, kebakaran terjadi saat pemilik rumah terlelap tidur sehingga mereka tidak menyadari api mulai menjalar dari rumah lainnya.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, meskipun ada tiga rumah habis terbakar dan barang berharga tidak dapat diselamatkan. Untuk penyebab masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Cirih Mee, Miswar mengatakan untuk sementara warganya yang menjadi korban kebakaran mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga. 

"Saat ini sudah ada beberapa bantuan makanan pokok yang telah diantarkan masyarakat, kami mendirikan tenda serta membuka dapur umum,” kata Miswar.

Baca juga: Belasan toko di Aceh Besar terbakar, Ini penyebabnya

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023