Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Ribuan pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mengikuti "Nagan Raya English Program" yang diluncurkan di wilayah itu.

Peluncuran Nagan Raya English Program dipusatkan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara (STIAPEN) di Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu.

Hadiri pada peluncuran program bahasa Inggris tersebut Bupati Nagan Raya HT Zulkarnaini diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Nagan Raya Zulfika SH.

Selain itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya H Said Azman, Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) Aceh TR Keumangan, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Ketua STIAPEN Nagan Raya Edi Wanda mengatakan, tujuan program Nagan Raya berbahasa Inggris tersebut untuk melahirkan generasi yang tangguh dan handal serta menguasai bahasa asing.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kata dia, pelajar Nagan Raya akan mampu bersaing dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di berbagai fakultas dan perguruan tinggi.

Edi Wanda mengatakan, program bahasa Inggris tersebut akan berjalan pada 10 Januari mendatang. Peserta akan dilatih oleh empat instruktur dari negara yang berbeda, sehingga nantinya pelajar Nagan Raya mampu menguasai serta mahir berbahasa asing yang dicanangkan tersebut.

"Ada 2.300 pelajar yang mengikuti program bahasa Inggris. Program direncanakan berlangsung selama enam bulan. Dengan harapan, semua peserta bisa menguasai bahasa Inggris," kata Edi Wanda.

Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya H Said Azman mengatakan, pihaknya mendukung penuh Nagan Raya English Program. Sebab, program tersebut memberi dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan pelajar Nagan Raya.

"Kami berharap program seperti ini dilaksanakan berkelanjutan, sehingga generasi muda Nagan Raya menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris yang akan menjadi bekal melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata H Said Azman.

Bupati Nagan Raya HT Zulkarnaini dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten Pemerintahan Setdakab Nagan Raya Zulfika menyatakan pemerintah daerah mendukung program bahasa Inggris kepada pelajar tersebut.

"Kepada pelajar yang mengikuti program ini, kami mengingatkan agar mengikutinya dengan serius, sehingga mampu menguasai bahasa Inggris yang menjadi modal persaingan global yang semakin ketat," kata HT Zulkarnaini.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016