Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Pangan menggelar pasar murah untuk menekan laju inflasi menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Kepala Dinas Pangan Aceh Selatan Yulizar di Aceh Selatan, Senin, mengatakan pasar murah berlangsung selama sepekan ke depan. Pasar murah digelar di beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Selatan.

"Pasar murah digelar untuk menekan kenaikan inflasi atau kenaikan harga barang kebutuhan pokok yang biasa terjadi menjelang perayaan hari keagamaan seperti Idul Adha nanti," kata Yulizar.

Baca juga: Pemko Banda Aceh gelar pasar murah, ini lokasinya

Selain menekan laju inflasi, pasar murah juga digelar dalam rangka stabilitas harga pangan maupun kebutuhan pangan lainnya. Termasuk dalam rangka stabilitas pasokannya.

"Pasar murah ini juga dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang perayaan Idul Adha di kabupaten pesisir barat selatan Provinsi Aceh ini," kata Yulizar.


 

Adapun pangan atau kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah tersebut terdiri beras per karung isi lima kilogram dengan harga Rp50 ribu. Telur satu papan isi 30 butir dengan harga Rp47 ribu.

"Serta minyak goreng isi dua liter dengan harga Rp33 ribu, dua kilogram gula pasir dijual dengan hari Rp25 ribu, Semua kebutuhan pokok tersebut dijual dalam satu paket dengan harga Rp155 ribu," katanya.

Sedangkan pelaksanaan pasar murah tersebut yakni meliputi kecamatan Tapaktuan, Kecamatan Samadua, Kecamatan Sawang, Kecamatan Kluet Selatan, Kecamatan Kluet Tengah, dan Kecamatan Trumon.

Setiap kecamatan, kata Yulizar, digilirkan per harinya selama sepekan. Sedangkan kupon yang disediakan kepada masyarakat di setiap kecamatan yang menggelar pasar murah mencapai 850 paket 

"Kami berharap pasar murah tersebut bisa membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau menjelang Idul Adha. Apalagi saat ini perekonomian masyarakat berangsur pulih setelah sempat terdampak pandemi COVID-19," kata Yulizar.

Baca juga: Pemkab Aceh Besar gelar pasar murah di 20 kecamatan tekan inflasi

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023