Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan terus memastikan seluruh kebutuhan pokok tersedia di pasar sehingga harga tetap stabil terutama menjelang lebaran Idul Adha 1444 Hijriah.

“Insya Allah di Aceh Besar akan lebih stabil, karena setiap hari kita terus memantau perkembangan harga dan persediaan kebutuhan pangan di pasar khususnya di Pasar Induk Lambaro,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memantau langsung pelaksanaan pasar murah yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pangan Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh di halaman Masjid Abu Indrapuri.


Baca juga: Bulog salurkan bantuan sembako untuk 500 penerima manfaat di Kutacane, Aceh Tenggara

Ia menjelaskan dirinya terus membangun komunikasi dengan semua pihak termasuk apabila terjadi kendala pasokan kebutuhan pokok di pasaran dari daerah penghasil.

“Kita terus mendiskusikan dengan seluruh pemangku kepentingan dan meminta instansi terkait untuk terus melakukan langkah cepat sehingga persediaan dan harga tetap terjangkau,” katanya.



 


Ia mengatakan Pemkab Aceh Besar berkomitmen untuk menyelenggarakan pasar murah dalam rangka menekan laju inflasi dan stabilisasi harga pangan serta pasokan tersedia di pasaran.

“Kita bisa berjalan dengan kekuatan sendiri satu hingga tiga titik dan selanjutnya akan dibantu lagi oleh Pemerintah Aceh yang tujuannya untuk masyarakat Aceh Besar," katanya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar pasar murah di 20 kecamatan dalam kabupaten itu sebagai upaya menekan laju inflasi dan stabilisasi harga dan pasokan pangan di pasaran.

"Alhamdulillah kegiatan pasar murah ya g berlangsung di setiap kecamatan disambut antusias oleh masyarakat. Masyarakat menyerbu pelaksanaan pasar murah untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” katanya.

Kadis Pangan Aceh Besar Fuadi Ahkmad menyebutkan harga jual bahan kebutuhan pokok di pasar murah masing-masing beras 5 kilogram Rp40 ribu per sak, gula pasir 2 Kg Rp20 ribu, minyak goreng ukuran 2 liter Rp30 ribu, , telur ayam satu papan (30 butir) Rp46 ribu, cabe merah ½ kilogram Rp8 ribu, bawang merah ½ kilogram Rp13 ribu.


Baca juga: Tersangka penipuan sembako murah Rp2 miliar ditangkap Polresta Banda Aceh

Pasar murah tersebut dilaksanakan di 20 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar terdiri dari 6 Juni Kecamatan Leupung dan Lhoong, 7 Juni Kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal, 8 Juni Kecamatan Peukanbada dan Lhoknga.

Kemudian 9 Juni 2023 Kecamatan Krueng Barona Jaya, 12 Juni Kecamatan Kuta Malaka dan Indrapuri, 19 Juni Kecamatan Blang Bintang dan Darussalam, 20 Juni Kecamatan Seulimum dan Lembah Seulawah, 21 Juni Kecamatan Montasik dan Sukamakmur, 22 Juni Kecamatan Jantho dan Kuta Cot Glie dan 23 Juni.


Baca juga: Harga komoditi pangan stabil di Banda Aceh pasca Lebaran, ini rinciannya

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023