Sebanyak 150 ekor kuda pacu mengikuti kualifikasi untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Aceh Rahmuddin di Takengon, Selasa, mengatakan ajang tersebut akan berlangsung mulai 12-18 Juni 2023 di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Aceh Tengah. 

"Seleksi ini merupakan tahap awal untuk menentukan kuda-kuda terbaik yang akan mewakili Aceh pada Kejurnas berkuda di Sawahlunto, Padang, Sumatera Barat. Dan sekaligus untuk persiapan PON Aceh-Sumut 2024 mendatang," kata Rahmuddin. 

Ia menyebutkan, sebanyak 150 kuda pacu yang mengikuti kegiatan ini berasal dari tiga daerah yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. 

Ajang ini, kata Rahmuddin, juga menjadi kesempatan bagi para pemilik kuda untuk bersaing dan menunjukkan potensi terbaik dari kuda-kuda pacu mereka.

"Kita berharap dapat menyeleksi kuda-kuda terbaik untuk mewakili Aceh pada event nasional dan dapat mengharumkan nama daerah," ujarnya. 

Untuk diketahui, pada PON 2024, venue berkuda dibagi ke dalam dua lokasi yaitu, equestrian di Sumatra Utara dan pacu di Aceh.

Setelah pembagian cabang olahraga tersebut, Ketua Panitia Besar (PB) PON XXI/2024 wilayah Aceh dan Sumatra Utara menentukan lokasi arena di wilayah masing-masing.

Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki sebagai Ketua PB PON wilayah Aceh telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Aceh Nomor: 426.2/2022 pada Kamis 14 Juli 2022 tentang penetapan lokasi arena di Takengon, Aceh Tengah.

Tidak hanya cabang olahraga berkuda, Aceh Tengah juga dipastikan akan menjadi tuan rumah cabang olahraga triathlon dan paralayang.

Baca juga: Tutup pacuan kuda, Pj bupati singgung persiapan PON 2024 di Aceh Tengah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023