Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan resmi menutup event pacuan kuda tradisional Gayo di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Takengon, Minggu (5/3). 

"Kita bersyukur kegiatan pacuan kuda yang sudah berlangsung selama sepekan ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Kami selaku pimpinan daerah mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja dan berpartisipasi menyukseskan pacuan kuda kali ini," kata T Mirzuan.

Pacuan kuda kali ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke 446 Kota Takengon dan telah berlangsung selama mulai 27 Februari hingga 5 Maret 2023.

Ajang tersebut diikuti peserta dari lima kabupaten yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Aceh Tamiang dengan melibatkan sebanyak 288 kuda pacu terbaik dari masing-masing daerah. 

"Akhirnya kami ucapkan selamat kepada para joki dan kuda yang telah berhasil meraih prestasi. Bagi yang belum berhasil kali ini agar tetap bersemangat untuk berlatih lagi pada event pacuan kuda selanjutnya," ujarnya. 

Dia menyampaikan, untuk selanjutnya Pemkab setempat akan fokus pada pembenahan arena pacuan guna menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh Tengah sebagai Tuan Rumah cabang olahraga berkuda. 

Menurutnya arena di Lapangan HM Hasan Gayo akan terus dilakukan pembenahan hingga sesuai standar penyelenggaraan PON. 

"Alhamdulillah tahun ini kita sedang melanjutkan pembangunan tribun utama dan beberapa fasilitas lainnya agar nantinya penonton merasa lebih nyaman saat menyaksikan pacuan kuda," katanya.

Baca juga: Riau resmi gantikan Aceh tuan rumah Porwil XI/2023, begini penjelasannya

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023