Pemerintah Kota Sabang melakukan gotong royong bersama seluruh OPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 Kota Sabang yang diperingatkan pada 24 Juni 2023.

Kegiatan yang dilakukan sembari menggerakkan penghijauan dengan menanam beberapa jenis pohon ini, berlangsung di kawasan Sabang Fair, Sabang, Jumat (16/6).

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Sabang dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakkan penghijauan, khususnya menyambut HUT Kota Sabang.

"Jadi hari ini bersama seluruh ASN, kita bangun kepedulian dan kebersamaan, dengan membersihkan juga melakukan penghijauan, penanaman pohon," kata Reza.

Menurutnya, penghijauan ini menjadi simbol harapan baru bagi Kota Sabang yang akan terus bertumbuh, menjadi kota wisata yang lebih maju dalam berbagai sektor, dan membawa kehidupan masyarakat Sabang lebih sejahtera ke depannya.

Setidaknya terdapat 50 batang pohon yang ditanam, terdiri dari beberapa pohon buah, kemudian kembang tanjung dan tabibuya bunga kuning. Tanaman ini dipilih karena ketahanannya, mudah diperoleh, dan dari sisi keindahannya.

"Karena untuk menumbuhkan pohon atau bunga yang lain banyak tantangannya, seperti ternak, cuaca dan sebagainya. Jadi kita pilih tanaman yang cukup tahan, dan manfaatnya selain keindahan, bisa juga mampu untuk menghijaukan dan membuat udara menjadi bersih," ujarnya.

Kemudian, gotong royong massal dan penghijauan ini, tidak hanya berlangsung di seputar Sabang Fair, tapi pemerintah juga mengimbau ke gampong-gampong untuk melakukan gotong royong secara mandiri.

"Tentu kota kita yang indah ini harus terus kita jaga, terutama dari sisi kelestarian lingkungan dan kebersihan. Masih ada tantangan atau kendala kita itu terkait dengan sampah. Jadi kesadaran masyarakat membuang sampah, menjaga kebersihan itu menjadi kunci utama bagi kebersihan kota, yang harus ditingkatkan," ujarnya.


Baca juga: Anggota Ombudsman RI temui petani di Sabang terkait pupuk subsidi

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023