Jepara (ANTARA Aceh) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh guru yang mendidik di semua tingkatan sekolah di Jateng, mengajar dengan cara-cara yang beradab serta tanpa berbagai bentuk kekerasan fisik.

"(Dalam mendidik) kita mesti modern, mengikuti ketentuan, dan beradab sehingga anak-anak saya dorong, sekolah itu harus menggembirakan serta menyenangkan," kata Ganjar usai mengajar di SMA Negeri 1 Mlonggo, Kabupaten Jepara, Kamis.

Menurut Ganjar, jika kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung dalam situasi yang menggembirakan dan menyenangkan, maka ilmu pengetahuan yang diajarkan para pendidik bisa diserap dengan baik oleh siswa-siswi.

"Dengan begitu, ilmu masuk dengan asyik dan relasi siswa dengan guru juga berjalan asyik," ujarnya.

Terkait dengan tindak kekerasan yang dialami belasan murid SMAN 1 Mlonggo beberapa waktu lalu, Ganjar menegaskan bahwa hal itu tidak boleh terulang lagi di masa mendatang, apapun alasannya.

"Saya akan awasi langsung semua, apalagi kewenangan (pengelolaan) SMA/SMK sekarang masuk pemerintah provinsi," katanya.

Ganjar mengaku kedatangannya ke SMAN 1 Mlonggo ini sebagai upaya agar suasana belajar mengajar di sekolah setempat kembali seperti semula.

"Saya ingin kembalikan suasana biar mereka yakin, percaya diri, dan konsentrasi dalam belajar. Anak-anak tadi luar biasa, ceria sekali," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi N

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017