Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) membagikan 22.100 lembar bendera merah putih ke seluruh lapisan masyarakat daerah setempat, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Proses pembagian bendera itu langsung dicanangkan oleh Pj Bupati Abdya, Darmansah dilobi kantor bupati setempat dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten, Sekda, para asisten, kepala SKPK, kalangan pengusaha, Camat dan unsur terkait di Blangpidie, Rabu. 

Pj Bupati Abdya Darmansah mengatakan pencanangan dan pembagian bendera kepada seluruh wilayah Abdya itu merupakan instruksi dari pemerintah pusat, provinsi yang selanjutnya diteruskan ke tingkat kabupaten. 

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat sukseskan Gerakan 10 juta Merah Putih

Adapun pencanangan dan pembagian bendera ini dilakukan dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) RI ke 78 pada 17 Agustus 2023.

"Menyambut HUT RI tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini ada pencanangan dan pembagian bendera di seluruh wilayah Indonesia termasuk Abdya," katanya.

 

Pj bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak termasuk donatur yang telah ikut berpartisipasi dalam menyiapkan bendera  merah putih hingga mencapai 22.100 lembar.

"Program ini bisa menumbuhkan semangat kebangsaan. Dengan upaya seperti ini akan menumbuhkan semangat cinta tanah air," katanya.

Kemudian, ia berharap kepada partai politik peserta Pemilu untuk tetap menjaga suasana Abdya yang kondusif. 

Nantinya, saat pelaksanaan karnaval maupun apel pengibaran bendera, semua peserta diminta untuk membawa bendera merah putih.

"Kepada seluruh masyarakat Abdya dengan beragam profesinya untuk memasang bendera baik itu di depan rumah, tempat usaha dan lainnya. Agar penuh dengan nuansa merah putih," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Linmas Abdya, Salman menyebutkan 22.100 bendera merah putih itu disiapkan Pemkab Abdya yang bekerjasama dengan para donatur lainnya. 

Pembagian bendera itu dilakukan secara bertahap, untuk tahap pertama dibagikan sebanyak 2.000 lembar dan akan terus dilakukan upaya pembagian hingga tuntas.

"Hari ini merupakan tahap pertama dibagikan 2.000 bendera. Selebihnya terus berlanjut hingga selesai. Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan menyambut dan memeriahkan HUT RI ke 78," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Masjid di Rumoh Geudong dibangun sesuai keinginan masyarakat

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023