Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengajak masyarakat di daerah ini untuk menyukseskan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih dengan cara mengibarkan bendera merah putih di rumah masing-masing untuk memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI Tahun 2023.

“Kegiatan ini bagian untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, bangsa, dan negara, sekaligus menggugah rasa empati dan kepedulian terhadap sesama,” kata Muhammad Iswanto di Jantho, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela Pencanangan Peluncuran 10 Juta Bendera Merah Putih bersama unsur forkopimda setempat di halaman Kantor Bupati Aceh Besar Jantho.

Ia menjelaskan pemasangan Bendera Merah Putih tidak hanya secara simbolik belaka, namun perlu adanya internalisasi dan disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan dan patriotisme.

“Momentum Kemerdekaan Republik Indonesia harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri. Berubah lebih baik, mampu menjadi sosok berkarakter, dan berkepribadian yang selalu bermanfaat,” katanya.

Menurut dia, poin penting lainnya adalah semua harus bersatu padu, berkomitmen untuk bersama mendukung upaya pemerintah menjaga persatuan, kesatuan, dan keutuhan NKRI.

Ia mengatakan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan bentuk bela negara, yakni dengan tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dilaksanakan dengan mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Kemerdekaan RI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Besar Sofian mengatakan Peluncuran 10 juta Bendera Merah Putih itu berlangsung serentak di seluruh Indonesia, di mana di Aceh Besar ditargetkan sebanyak 150.000 Bendera Merah Putih akan dibagikan dalam program tersebut.

Pada prosesi pencanangan yang dilakukan Pj Bupati bersama Forkopimda membagikan secara simbolis kepada perwakilan pemuda gampong di Kecamatan Kota Jantho. Selanjutnya kegiatan tersebut akan berlangsung di 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023