Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Bakongan Raya dan Trumon Raya, Kabupaten Aceh Selatan, akan mendapat pengamanan khusus karena wilayah tersebut dikategorikan daerah rawan pada Pilkada 2017.

"Memang sekarang ini situasi keamanan dan ketertiban sudah kondusif pasca terjadi bentrokan antar dua kubu, tapi potensi bakal terjadi kericuhan susulan tersebut sangat terbuka lebar sehingga kami telah menetapkan wilayah tersebut sebagai daerah rawan," kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan Safli Alian di Tapaktuan, Jumat.

Penegasan tersebut disampaikan Safli Alian dalam Rapat Koordinasi dengan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Mapolres Aceh Selatan dalam rangka menyambut kedatangan 100 personil BKO Brimob Polda Bengkulu untuk membantu pengamanan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh.

Terkait kelanjutan proses hukum kejadian bantrokan antar massa pendukung kedua pasangan calon, Muzakir Manaf-TA Khalid dan Irwandi - Nova, sambung Safli Alian, pihak Panwaslih Aceh Selatan telah dan sedang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, pelapor dan terlapor.

Setelah mendengarkan keterangan dari kedua belah pihak, menurut Safli, pihaknya telah menyimpulkan bahwa kasus tersebut tidak dikategorikan pelanggaran berat melainkan hanya perselisihan biasa. Karena itu, pihaknya pun akan mengupayakan penyelesaian kasus tersebut melalui perdamaian secara kekeluargaan.

"Hal ini sudah kami komunikasikan dengan kedua belah pihak dan mereka telah memberikan sinyal menyambut baik ajakan tersebut," ujar dia.

Namun, sebelum langkah itu dilaksanakan, alangkah baiknya langsung difasilitasi oleh pejabat Forkopimda sesuai permintaan kedua belah pihak sekaligus menggelar ikrar Pilkada damai di Aceh Selatan yang hingga saat ini belum pernah digelar, ungkap Safli Alian.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK menegaskan pihaknya bersama Dandim 0107 sangat menyambut baik langkah tersebut.

Namun karena langkah itu menjadi ranahnya Pemkab Aceh Selatan dan pihak penyelenggara, maka pihaknya pun menunggu aksi nyata dari pihak terkait dimaksud.

"Kami bersama Dandim siap-siap saja. Kapan pun digelar kami siap mendukung. Termasuk rencana akan dilakukan upaya perdamaian antar kedua kubu yang sempat terjadi bentrokan di Trumon Raya beberapa waktu lalu. Kami pikir jika tercapai upaya perdamaian merupakan sebuah langkah bagus demi terciptanya Pilkada damai di Aceh Selatan," tegas Kapolres.

Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017