Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dalam pelaksanaan Operasi Karhutla Seulawah 2023 yang sedang berlangsung.

"Pelaksana operasi karhutla lebih mengedepankan pencegahan. Di antaranya dengan sosialisasi dan imbauan tidak membakar hutan dan lahan kepada masyarakat," kata Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Pol Heri Heriyandi di Banda Aceh, Rabu.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan operasi karhutla berlangsung sejak 28 Juli hingga 16 Agustus 2023. Sasaran operasi meliputi wilayah hukum tiga polres jajaran Polda Aceh, yakni Aceh Tengah, Nagan Raya, dan Aceh Barat.

"Hasil analisa dan evaluasi kami selama operasi, penekanan lebih kepada pencegahan di antaranya dengan sosialisasi, imbauan serta pasangan spanduk berisi maklumat Kapolda Aceh terkait karhutla," katanya.

Baca juga: Polda Aceh gelar Operasi Karhutla Seulawah 2023

Heri Heriyandi mengatakan Provinsi Aceh ini merupakan paru-paru dunia. Untuk itu, kawasan hutan di Aceh perlu dilindungi dari kebakaran maupun praktik merusak lainnya.

"Kita hidup di Aceh dengan udara begitu bersih. Untuk itu, menjadi tanggung jawab mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kami berharap operasi karhutla ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto mengatakan personel yang tergabung dalam satuan tugas Operasi Karhutla Seulawah 2023 menyosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah seperti di Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Tengah, dan lainnya.

"Operasi Karhutla Seulawah lebih mengedepankan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya memberi pemahaman kepada masyarakat salam mencegah serta menangani karhutla," katanya.

Selain sosialisasi, personel satuan tugas Operasi Karhutla Seulawah Polda Aceh juga memasang spanduk berisi informasi terkait karhutla. Tujuan untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi tentang kebakaran hutan dan lahan.

"Selain itu, personel juga melakukan patroli dialogis dan membagikan maklumat Kapolda Aceh terkait pencegahan dan penanganan karhutla kepada masyarakat," kata Joko Krisdiyanto.

Baca juga: Operasi hujan buatan akan digelar 30 hari di Riau dan Sumatera Selatan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023