Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan menyalurkan bantuan atensi kepada lanjut usia (lansia) di kabupaten tersebut.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan Ismardi di Aceh Selatan, Selasa, mengatakan bantuan atensi tersebut untuk meningkatkan taraf hidup lansia dalam bentuk kewirausahaan.

"Bantuan atensi tersebut diberikan kepada Ralijjah, berusia 70 tahun, warga Desa Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan," kata Ismardi.

Bantuan atensi adalah layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas dan atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan hidup yang layak, termasuk di antaranya pembinaan kewirausahaan.

Baca juga: Pj Bupati Aceh Besar serahkan kursi roda bantuan Kemensos

Ia mengatakan Ralijjah menepati rumah berdindingkan papan dan sebagian lantai rumahnya bertanah. Ralijjah tinggal di rumah tersebut dengan dua anaknya disabilitas gangguan mental.

Menurut Ismardi, bantuan yang diberikan berupa usaha kelontong. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang berusia lanjut.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan taraf hidup penerima manfaat dari aspek ekonomi. Kami juga akan terus memberi pendampingan agar bantuan tersebut sesuai yang diharapkan," katanya.

Ismardi mengajak masyarakat sekitar memanfaatkan kehadiran usaha kelontong Ralijjah dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dukungan masyarakat tersebut dapat memberi keberlanjutan usaha kelontong wanita lanjut usia tersebut.

"Anggap saja kita membeli sambil memberi dengan berbelanja di usaha kelontong Ralijjah. Jadi, dukungan masyarakat tersebut dibutuhkan untuk keberhasilan program bantuan atensi lansia tersebut," kata Ismardi.

Baca juga: Mensos janjikan fasilitas di Sentra Darussa'adah Aceh ditambah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023