Masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah diimbau menghentikan aktivitas selama tiga menit pada peringatan detik-detik proklamasi (17/8) besok. 

"Pada saat peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus 2023 diimbau segenap masyarakat menghentikan aktivitasnya sejenak selama 3 menit," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Aceh Tengah Rahmat Hidayat, Rabu. 

Menurutnya, Pemkab Aceh Tengah saat ini juga telah mematangkan persiapan pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan yang akan dipusatkan di Lapangan Setdakab Aceh Tengah. 


Baca juga: Wali kota Sabang: Detik-detik proklamasi sarat akan makna

Tim Paskibra yang akan bertugas, kata dia, juga telah melaksanakan gladi bersih untuk lebih mengoptimalkan persiapan jelang peringatan 17 Agustus 2023.

"Upacara pengibaran bendera akan dimulai pukul 09.00 WIB. Sedangkan penurunan bendera pukul 16.30 WIB," kata Rahmat. 

Lanjutnya pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Setdakab setempat diperkirakan akan dihadiri sebanyak 2.060 orang. 

Sedangkan tamu undangan diperkirakan sebanyak 272 orang dari berbagai kalangan dan instansi serta tokoh masyarakat dan juga pelajar. 

"Sebelum upacara inti, malam harinya kita menggelar kegiatan Upacara Malam Taptu dan Pawai Obor serta Upacara Renungan Suci yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit," ujarnya.

Baca juga: Kata Jusuf Kalla, Indonesia bangsa yang teguh dan mampu menjaga keutuhan

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023