Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota di Aceh agar dapat menganggarkan dana untuk kegiatan gerakan koperasi maupun pelaku UMKM untuk mewujudkan sektor ekonomi mikro yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh.

“Mari kita bekerja sama  dalam upaya mewujudkan kemakmuran rakyat yang merata, seperti cita-cita para pejuang kita yang sesuai dengan jati diri Koperasi,” kata Achmad Marzuki di Meulaboh, Ahad.

Hal ini ia sampaikan saat membuka Pameran Koperasi dan UMKM se-Provinsi Aceh, dipusatkan di Kompleks Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Teuku Rosman di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Achmad Marzuki mengatakan untuk terus tumbuh dan berkembangnya koperasi moderen, ia berharap pemerintah  melalui dinas terkait untuk  dapat menciptakan kebijakan dan program, dalam rangka  mendorong koperasi yang lebih maju.

Menurutnya, jika koperasi tumbuh dengan baik, usaha mikro kecil dan menengah tumbuh dengan baik, dirinya yakin maka  ekonomi Aceh juga akan maju dan angka kemiskinan akan terus menurun.

“Dan Insya Allah menuju kemakmuran rakyat,” katanya menambahkan.

Achmad Marzuki mengatakan persoalan yang dihadapi oleh koperasi,  usaha mikro  kecil dan menengah, antara lain adalah persoalan modal usaha yang kurang.

Kemudian sumber daya yang masih perlu motivasi, kepercayaan kepada koperasi semakin luntur.

Oleh karena itu, pemerintah secara konsisten
akan terus berusaha melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan OPD lainnya  untuk tetap konsisten untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kepada gerakan koperasi, sehingga terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

Achmad Marzuki mengatakan untuk  dapat  mencegah terjadinya kesenjangan yang makin melebar, Pemerintah Aceh harus berupaya untuk mencegah makin melebarnya kesenjangan.

Yaitu dengan cara lebih peduli, lebih berpihak, dan lebih menggerakkan ekonomi  yang berbasiskan pada rakyat kita, yaitu koperasi, usaha kecil, dan usaha menengah, demikian Achmad Marzuki.

Baca juga: Gayo UMKM Bazar 2023 bersama Kemenkeu Aceh berlangsung meriah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023