Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) memberi pendampingan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Aceh Jaya berupa peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Rabu, mengatakan pendampingan ini diberikan agar mereka mampu mengembangkan usahanya dalam mendukung kemajuan sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Ada 200 pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang kami berikan pendampingan selama tujuh hari. Tujuannya, agar mereka mampu mengembangkan usaha pariwisata yang sedang mereka rintis," kata Azwani Awi.

Baca juga: ASPPI beri pendampingan masyarakat bentuk desa wisata di Aceh Besar

Ia mengatakan pendampingan tersebut didukung dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Jaya. Kerja sama tersebut dalam rangka mewujudkan program vokasional yang berkelanjutan, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Adapun pendampingan yang diberikan di antaranya pelatihan pramuwisata, konten kreator, dan desain grafis. Para pemateri merupakan anggota ASPPI Aceh yang berpengalaman memberi pendampingan kepada masyarakat.

"Materi konten kreator dan desain grafis diberikan agar mereka mampu mempromosikan usaha pariwisata yang mereka geluti maupun destinasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Jaya, baik melalui media sosial maupun lainnya," kata Azwani Awi menyebutkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Jaya Abu Bakar mengatakan pendampingan dan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta melahirkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang handal di kabupaten tersebut.

"Pendampingan dan pelatihan tersebut merupakan upaya kami meningkat kapasitas pendidikan vokasional pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Jaya," kata Abu Bakar.

Baca juga: ASPPI kembangkan pariwisata pulau terluar di Aceh Besar

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023