Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan minta kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wagub Aceh segera menurunkan seluruh alat peraga kampanye (APK) paling lambat Sabtu (11/2), karena memasuki masa tenang.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Drs Safli Alian di Tapaktuan, Selasa menyatakan, jika sampai batas waktu yang telah ditetapkan tersebut tidak diindahkan, maka pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan penertiban dengan cara menurunkan secara paksa.

"Langkah penertiban atau tindakan tegas itu akan dilakukan pada masa minggu tenang yang dimulai pada tanggal 12 Februari 2017 pukul 00.00 WIB. Kami berkewajiban memastikan pada minggu tenang tersebut seluruh alat peraga kampanye milik pasangan calon harus sudah diturunkan," katanya.

Menindaklanjuti hal itu, sambung Safli, Panwaslih Aceh Selatan akan melayangkan surat kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) pada Selasa (7/2).

Selanjutnya pihak KIP yang bertugas menyurati pihak-pihak berkepentingan lainnya seperti tim pemenangan pasangan calon serta pihak Satpol PP Pemkab Aceh Selatan supaya segera dilakukan langkah penertiban bilamana seruan yang telah disampaikan kepada tim pemenangan pasangan calon tidak ditindaklanjuti.

"Karena secara aturan pihak yang bertanggungjawab menyampaikan penertiban APK tersebut kepada tim pemenangan paslon serta pemerintah daerah adalah KIP. Maka kami akan melayangkan surat kepada KIP untuk selanjutnya diteruskan kepada para pihak yang berkepentingan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Pencegahan dan Pelanggaran Panwaslih Aceh Selatan, Supriadi SH menambahkan, selain langkah penertiban dan pembersihan APK, pihaknya juga memastikan mulai tanggal 12 Februari 2017 pukul 00.00 WIB tersebut, tidak boleh ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun oleh para tim pemenangan pasangan calon.

"Minggu tenang tersebut selama tiga hari yang dimulai 12 - 14 Februari 2017. Selama tiga hari tersebut sama sekali tidak boleh ada lagi kegiatan kampanye oleh pihak manapun. Untuk memastikan Pilkada 2017 ini berlangsung sesuai aturan dan mekanisme yang ada, kami meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk secara bersama-sama melakukan pengawasan di lapangan," pintanya.

Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017